Langsung ke konten utama

Suatu yang lebih banyak pekerjaanya itu lebih utama

 mumpung menyinggung
ما كان أكثر فعلا كان أكثر فضلا
Itu ada 30 pengecualian

📎 30 IBADAH YANG LEBIH BANYAK PAHALANYA JIKA DI KERJAKAN LEBIH SEDIKIT DI BANDINGKAN DI PERBANYAK

Diantara Qoidah fiqhiyah terdapat qoidah :

كل ما كان أكثر في العمل فهو أكثر في الأجر والثواب 

 "Setiap ibadah yang lebih banyak jumlah dan pekerjaanya, maka tentu lebih banyak pula pahalanya" 

Akan tetapi qoidah ini memiliki pengecualian, ada sekitar 30 amal ibadah yang lebih banyak pahalanya jika di kerjakan sedikit saja, daripada di perbanyak, yaitu :

1. Mengumpulkan sunnah wudhu berkumur dan menghirup air kehidung dalam 1 pekerjaan lebih utama di bandingkan memisahkannya
2. Sholat Ashar lebih utama dari sholat lainnya.
3. Sholat dhuha 8 rakaat lebih utama di bandingkan 12 rakaat
4. Memendekkan sholat sunnah fajar lebih utama di bandingkan memanjangkannya
5. Sholawat sunnah witir meskipun sebentar, lebih utama di bandingkan sholat sunnah tahajjud meskipun lama.
6. Sholat sunnah witir 3 rakaat lebih utama di bandingkaan sholat sunnah witir lebih dari 3 rakaat
7. Sholat sunnah I'ed lebih utama di bandingkan sholat sunnnah gerhana matahari meskipun panjang.
8. Sholat Berjama'ah 1 kali lebih utama di bandingakn sholat sendiri namun di ulang 27 kali.
9. Lebih utama melakukan sholat qoshor di daripada menyempurnakan sholat jika perjalanan lebih dari 3 marhalah (± 132 KM)
10. Memakan sedikit saja dari daging hewan yang di kurbankan lebih utama di bandingkan mensedekahkan keseluruhan daging tersebut tanpa tersisa
11. Membaca surat pendek sampai selesai dalam sholat lebih utama di bandingkan membaca surat yang panjang namun tidak sampai selesai.
12. Lafadz "أعوذ بالله من الشيطان الرجيم" lebih utama di bandingakan "أعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم"
13. Sholat yang di lakukukan dengan bersiwak sebelumnya, lebih utama di bandingkan sholat tanpa bersiwak meskpun bilangan rakaatnya lebih banyak
14. Lebih utama bagi imam memperpendek sholatnya tapi tetap menjaga sunnah-sunnah sholat di bandingkan mempanjang sholat.
15. Sholat yang bermakmum kepada orang yang adil lebih utama di bandingkan sholat yang bermakmum kepada orang yang fasiq.
16. Sholat di masjidil haram mekkah, madinah, dan Al-Aqsa lebih utama di bandingkan sholat di masjid selainnya meskipun sholat dalam jama'ah yang sedikit, bahkan meskipun sendirian.
17. Mengqoshor sholat lebih utama daripada menyempurnakannya meskipun perjalanan tidak sampai 3 marhalah, jika dia membenci perkara-perkara rukhsoh
18. mengusap khuf/muza lebih utama daripada membasuhnya, jika dia membenci perkara-perkara rukhsoh (keringanan) dalam agama.
19. Sholat qoshor lebih utama daripada menyempurnakan sholat bagi musafir dalam peperangan
20. Sholat sunnah fajar lebih utama dibandingkan sholat sunnah yang dilakukan malam meskipun sholatnya lama kecuali sholat witir.
21. Membaca dua ayat dalam surat Al-Baqoroh dan Al-Imron, yaitu Al-Baqoroh ayat 136, dan Al-Imron ayat 36, dalam sholat subuh lebih utama dari membaca surat lainnya menurut Syaikh Zakaria Al-Anshori
22. Membaca sebagian surat panjang lebih utama daripada membaca surat pendek dalam sholat tarawih menurut Sulthonul Ulama Al-'Iz bin Abdissalam
23. Dalam melakukan sholat witir dengan cara 3 rakaat sekaligus lebih utama dengan cara melakukan 1 kali tasyahhud saja di bandingkan dengan 2 tasyahhud, karena akan menyerupai sholat maghrib
24. Membaca do'a di ajarkan oleh Rasulullah dalam tasyahhud sholat lebih utama di bandingkan membaca do'a yang bukan dari Rosulullah meskipun doa tersebut panjang.
25. Dan do'a  yang di ajarkan oleh Rasululloh tersebut lebih utama panjangnya tidak melebihi bacaan sholawat dan tasyahhud dalam sholat di bandingkan do'a yang di ajarkan oleh Rosulullah namun panjang dan melebihi kadar bacaan sh8lawat dan tasyahhud.
26. Sholat sunnah witir dan sholat sunnah fajar lebih utama di bandingkan sholat Tarawih
27. Memperpendek sholat sunnah sebelum magrib lebih utama di bandingkan memperpanjang sholat tersebut.
28. Sujud syukur lebih utama di bandingkan sholat sunnah dengan niat bersyukur kepada Allah.
29. Mengkafani jenazah dengan 3 helai kain lebih utama di bandingkan lebih dari 3 helai
30. lafadz takbir "Allahu Akbar" lebih utama di bandingkan dengan lafadz takbir "Allahul Alkbar" atau  "Allhahu Jalil Alkbar".

Refrensi : Kitab Tuhfatut Tullab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا