mumpung menyinggung
ما كان أكثر فعلا كان أكثر فضلا
Itu ada 30 pengecualian
📎 30 IBADAH YANG LEBIH BANYAK PAHALANYA JIKA DI KERJAKAN LEBIH SEDIKIT DI BANDINGKAN DI PERBANYAK
Diantara Qoidah fiqhiyah terdapat qoidah :
كل ما كان أكثر في العمل فهو أكثر في الأجر والثواب
"Setiap ibadah yang lebih banyak jumlah dan pekerjaanya, maka tentu lebih banyak pula pahalanya"
Akan tetapi qoidah ini memiliki pengecualian, ada sekitar 30 amal ibadah yang lebih banyak pahalanya jika di kerjakan sedikit saja, daripada di perbanyak, yaitu :
1. Mengumpulkan sunnah wudhu berkumur dan menghirup air kehidung dalam 1 pekerjaan lebih utama di bandingkan memisahkannya
2. Sholat Ashar lebih utama dari sholat lainnya.
3. Sholat dhuha 8 rakaat lebih utama di bandingkan 12 rakaat
4. Memendekkan sholat sunnah fajar lebih utama di bandingkan memanjangkannya
5. Sholawat sunnah witir meskipun sebentar, lebih utama di bandingkan sholat sunnah tahajjud meskipun lama.
6. Sholat sunnah witir 3 rakaat lebih utama di bandingkaan sholat sunnah witir lebih dari 3 rakaat
7. Sholat sunnah I'ed lebih utama di bandingkan sholat sunnnah gerhana matahari meskipun panjang.
8. Sholat Berjama'ah 1 kali lebih utama di bandingakn sholat sendiri namun di ulang 27 kali.
9. Lebih utama melakukan sholat qoshor di daripada menyempurnakan sholat jika perjalanan lebih dari 3 marhalah (± 132 KM)
10. Memakan sedikit saja dari daging hewan yang di kurbankan lebih utama di bandingkan mensedekahkan keseluruhan daging tersebut tanpa tersisa
11. Membaca surat pendek sampai selesai dalam sholat lebih utama di bandingkan membaca surat yang panjang namun tidak sampai selesai.
12. Lafadz "أعوذ بالله من الشيطان الرجيم" lebih utama di bandingakan "أعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم"
13. Sholat yang di lakukukan dengan bersiwak sebelumnya, lebih utama di bandingkan sholat tanpa bersiwak meskpun bilangan rakaatnya lebih banyak
14. Lebih utama bagi imam memperpendek sholatnya tapi tetap menjaga sunnah-sunnah sholat di bandingkan mempanjang sholat.
15. Sholat yang bermakmum kepada orang yang adil lebih utama di bandingkan sholat yang bermakmum kepada orang yang fasiq.
16. Sholat di masjidil haram mekkah, madinah, dan Al-Aqsa lebih utama di bandingkan sholat di masjid selainnya meskipun sholat dalam jama'ah yang sedikit, bahkan meskipun sendirian.
17. Mengqoshor sholat lebih utama daripada menyempurnakannya meskipun perjalanan tidak sampai 3 marhalah, jika dia membenci perkara-perkara rukhsoh
18. mengusap khuf/muza lebih utama daripada membasuhnya, jika dia membenci perkara-perkara rukhsoh (keringanan) dalam agama.
19. Sholat qoshor lebih utama daripada menyempurnakan sholat bagi musafir dalam peperangan
20. Sholat sunnah fajar lebih utama dibandingkan sholat sunnah yang dilakukan malam meskipun sholatnya lama kecuali sholat witir.
21. Membaca dua ayat dalam surat Al-Baqoroh dan Al-Imron, yaitu Al-Baqoroh ayat 136, dan Al-Imron ayat 36, dalam sholat subuh lebih utama dari membaca surat lainnya menurut Syaikh Zakaria Al-Anshori
22. Membaca sebagian surat panjang lebih utama daripada membaca surat pendek dalam sholat tarawih menurut Sulthonul Ulama Al-'Iz bin Abdissalam
23. Dalam melakukan sholat witir dengan cara 3 rakaat sekaligus lebih utama dengan cara melakukan 1 kali tasyahhud saja di bandingkan dengan 2 tasyahhud, karena akan menyerupai sholat maghrib
24. Membaca do'a di ajarkan oleh Rasulullah dalam tasyahhud sholat lebih utama di bandingkan membaca do'a yang bukan dari Rosulullah meskipun doa tersebut panjang.
25. Dan do'a yang di ajarkan oleh Rasululloh tersebut lebih utama panjangnya tidak melebihi bacaan sholawat dan tasyahhud dalam sholat di bandingkan do'a yang di ajarkan oleh Rosulullah namun panjang dan melebihi kadar bacaan sh8lawat dan tasyahhud.
26. Sholat sunnah witir dan sholat sunnah fajar lebih utama di bandingkan sholat Tarawih
27. Memperpendek sholat sunnah sebelum magrib lebih utama di bandingkan memperpanjang sholat tersebut.
28. Sujud syukur lebih utama di bandingkan sholat sunnah dengan niat bersyukur kepada Allah.
29. Mengkafani jenazah dengan 3 helai kain lebih utama di bandingkan lebih dari 3 helai
30. lafadz takbir "Allahu Akbar" lebih utama di bandingkan dengan lafadz takbir "Allahul Alkbar" atau "Allhahu Jalil Alkbar".
Refrensi : Kitab Tuhfatut Tullab
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik