Langsung ke konten utama

Kentut didalam air saat puasa

*Rumusan BMW ke-119*

*KENTUT ATAU KENCING DIDALAM AIR APAKAH MEMBATALKAN PUASA ?*

Nama: Imam Junid
Alamat:?

*_Assalamualaikum wr.wb_*

*Diskripsi masalah*
Dibulan Ramadlan Ini Banyak Fenomena Di masarakat, diantaranya Ada yang Kentut atau kencing Dalam Air. 

*Pertanyaan*
Batalkah puasanya menurut madzhab Syafiiyyah?

*_Wassalamualaikum wr.wb_*

*Jawaban*
Kentut atau kencing didalam air tidak membatalkan puasa kecuali nyata-nyata yakin ada air yang masuk ke bagian dalam anus (bukan permukaan anus). Untuk ihtiyat sebaiknya orang yang berpuasa sebisa mungkin menghindari kentut atau kencing didalam air. 

*Tambahan*
Orang BAB kemudian ada sebagian kotoran yang belum lepas kembali masuk kedalam, maka dapat membatalkan puasa. Namun menurut Syekh Muhammad Sholih Ar-Rois jika sebagian kotoran itu kembali masuk kedalam tanpa kehendaknya semisal kotorannya agak kering dan tidak memungkinkan untuk memutusnya, maka puasanya tidak batal. 
WaLlahu A’lam 

*Referensi*
نهاية الزين صحـ ١٨٨
ومثل الأصبع غائط خرج منه ولم ينفصل ثم ضم دبره فدخل منه شيء إلى داخله فيفطر حيث تحقق دخول شيء منه بعد بروزه من معدته

فتاوى رمضان للسيد العلامة عبد الله بن محفوظ بن محمد الحداد باعلوي الحسيني الحضرمي الشافعي صحـ ٩١
[ حكم خروج الريح ونحوه في الماء بالنسبة للصائم ]
( مسألة ) : ما حكم الفساء والضراط في الماء للصائم في رمضان وهو صائم ؟
( الجواب ) : إن الأولى له تجنبه ؛ لأن بعض الفقهاء لهم بحث في أن الماء يتسرب إلى الباطن ، وإن كان هذا بعيدا ولكنه الاحتياط. 

وفي صحـ ٩٥ :
[ حكم خروج ریح عند عند الغوص في البحر ]
(مسألة ۱۱۳/۷): هل يفطر الصائم عندما ينزل منه ريح وهو في البحر غائص ويقول : إنه يحس بدخول الماء من مخرج الريح عند نزول الريح ؟
( الجواب ) : إن الصائم ينبغي له أن يتجنب الغوص؛ لأن المنافذ قد يصل منها الماء إلى جوفه، والإفطار لا يقرر بالظن إلا باليقين. فإذا أحس فعلا بدخول شيء من الماء بعد الريح ؛ فعلى مقتضی کلام أئمتنا أن عليه القضاء. 

حاشية البجيرمي على الخطيب ج ٢ صحـ ٣٨٠
ومثله غائط خرج منه ولم ينفصل ثم ضم دبره ودخل شيء منه إلى داخل دبره حيث تحقق دخول شيء منه بعد بروزه لأنه خرج من معدته مع عدم حاجة إلى ضم دبره.

حاشية الباجوري ج ١ صحـ ٢٩١
ومثل ذلك ما لو خرج بعض الفضلة الغليظة ثم عاد لاستمساك الطبيعة فيضر فليتنبه له. 

بغية المسترشدين صحـ ١٤٠
(مسألة): حاصل ما ذكره في التحفة في مقعدة المبسور أنه لا يفطر بعودها، وإن أعادها بنحو أصبعه اضطراراً، ولا يجب غسل ما عليها من القذر على المعتمد، وأفتى محمد صالح بأنه لو تغوّط فخرج شيء إلى حد الظاهر ثم عاد من غير اختيار لنحو يبوسة الخارج ولم يمكنه قطعه لم يفطر قياسا على ما ذكر.

Mujawwib: 
Yai Zainal Abidin (Pasuruan) 
Yai Husni Aguero (Pontianak) 
Ust Muhammad Kholil 
Muhammad Muzakka

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق والناصر الحقَّ بالحق والهادي إلى صراتك المستقيم وعلى آله وأصحابه حق قدره ومقداره العظيم

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا