Langsung ke konten utama

SOLUSI UMAT DALAM KE ABSAHAN BERZAKAT FITRAH MENGGUNAKAN UANG DENGAN KURS BERAS

🏷️ *SOLUSI UMAT DALAM KE ABSAHAN BERZAKAT FITRAH MENGGUNAKAN UANG DENGAN KURS BERAS* 


✍️ Oleh :
*Abdul Mannan & Muhammad 'Atid*

Mengeluarkan zakat fitrah memakai uang menurut madzhab Syafiie, Maliki dan Ahmad Bin Hanbal tidak mencukupi disebut sebagai fitrah, kecuali menurut madzhab Abu Hanifah. Hanya saja, jika mengikuti pendapat Abu Hanifah, nilai uang yang dikeluarkan harus se-ukuran gandum (biji-biji yang telah manshus didalam hadits) dan Ukuran Sho'-nya juga sangat tinggi. Sehingga, hal ini terkesan memberatkan masyarakat dengan kelas ekonomi menengah kebawah yang masih diwajibkan untuk berzakat fitrah. Oleh karenanya, perlu ada solusi yang bisa memudahkan mereka agar tidak meninggalkan kewajiban dalam mengeluarkan zakat fitrah dan perbuatan mereka mu'tabar secara fiqh.

📚 *بداية المجتهد ونهاية المقتصد لابن رشد المتوفى ٥٩٥*
📖 واختلفوا هل يجوز فيها أن يخرج بدل العين القيمة أو لا يجوز ؟ فقال مالكٌ والشافعي : لا يجوز إخراج القيم في الزكوات بدلَ المنصوص عليه في الزكوات، وقال أبو حنيفة : يجوز، سواء قدر على المنصوص عليه أو لم يقدر. وسببُ اختلافهم : هل الزكاة عبادةٌ أو حقٌّ واجبٌ للمساكين ؟ فمن قال : إنها عبادة قال : إن أخرج من غير تلك الأعيان لم يجز، لأنه إذا أتى بالعبادة على غير الجهة المأمور بها فهي فاسدة، ومن قال : هي حق للمساكين، فلا فرق بين القيمة والعين عنده. وقد قالت الشافعية : لنا أن نقول - وإن سلمنا أنها حق للمساكين -: إن الشارع إنما علق الحق بالعين تصدر منه لتشريك الفقراء مع الأغنياء في أعيان الأموال. والحنفية تقول : إنما خصت بالذكر أعيان الأموال تسهيلا على أرباب الأموال، لأن كل ذي مال إنما يسهل عليه الإخراج من نوع المال الذي بين يديه، ولذلك جاء في بعض الأثر أنه جعل في الدية على أهل الحلل حللا - على ما يأتي في كتاب الحدود -.

Salah-satu solusinya adalah dengan mengikuti pendapat murid dari Imam Malik itu sendiri, yaitu Al-Imam Ibnu Qosim. Dimana Imam Ibnu Qasim berpendapat tidak ada masalah ber-zakat fitrah dengan memakai uang.

📚 *الجامع لمسائل المدونة للشيخ  ابن يونس الصقلي المالكي المتوفى سنة ٤٥١ه*
📖 ومن المدونة : قال مالكٌ : ولا يجزى أن يخرج مكان زكاة الفطر عينا أو عرضا. قال مالك: ولا يجزي أن يدفع في الفطرة ثمنا، وروى عيسى عن ابن القاسم : إن فعل أجزأه.

📚 *التاج والإكليل لمختصر خليل ج ٣ ص ٢٥٨*
📖 ﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚٌ : ﻻ ﻳﺠﺰﺋﻪ ﺃﻥ ﻳﺪﻓﻊ ﻓﻲ اﻟﻔﻄﺮﺓ ﺛﻤﻨًﺎ. ﻭﺭﻭﻯ ﻋﻴﺴﻰ ﻋﻦ اﺑﻦ اﻟﻘﺎﺳﻢ : ﻓﺈﻥ ﻓﻌﻞ ﺃﺟﺰﺃﻩ.

📚 *البيان والتحصيل والشرح والتوجيه والتعليل في المسائل المستخرجة من الأسمعة المعروفة بالعتبية ج ٢ ص ٤٨٦-٤٨٧ه*
📖 [ﺩﻓﻊ اﻟﻘﻴﻤﺔ ﻓﻲ ﺯﻛﺎﺓ اﻟﻔﻄﺮ]  ﻭﻣﻦ ﻛﺘﺎﺏ ﺃﻭﻟﻪ ﻳﺘﺨﺬ اﻟﺨﺮﻗﺔ ﻟﻔﺮﺟﻪ.  ﻭﺳﺌﻞ ﻋﻦ اﻟﺮﺟﻞ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻋﻨﺪﻩ ﻗﻤﺢ ﻳﻮﻡ اﻟﻔﻄﺮ، ﻓﻴﺮﻳﺪ ﺃﻥ ﻳﺪﻓﻊ ﺛﻤﻨﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ ﻳﺸﺘﺮﻭﻧﻪ ﻷﻧﻔﺴﻬﻢ، ﻭﻳﺮﻯ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﺃﻋﺠﻞ؛ ﻗﺎﻝ: ﻻ ﻳﻔﻌﻞ ﺫﻟﻚ، ﻭﻟﻴﺲ ﻛﺬﻟﻚ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -؛ *ﻭﻣﻦ ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻴﺴﻰ ﻗﺎﻝ اﺑﻦ اﻟﻘﺎﺳﻢ: ﻭﻟﻮ ﻓﻌﻞ ﻟﻢ ﺃﺭ ﺑﻪ ﺑﺄﺳﺎ*. ﻗﺎﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺭﺷﺪ : ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻴﺴﻰ ﻫﺬﻩ ﻋﻦ اﺑﻦ اﻟﻘﺎﺳﻢ، ﺧﻼﻑٌ ﻟﺮﻭاﻳﺔ ﺃﺑﻲ ﺯﻳﺪ ﻋﻨﻪ ﺑﻌﺪ ﻫﺬا؛ ﻭﻗﺪ ﻗﻴﻞ : ﺇﻧﻬﺎ ﻟﻴﺲ ﺑﻤﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻬﺎ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺧﻔﻒ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺭﻭاﻳﺔ ﻋﻴﺴﻰ ﻫﺬﻩ؛ ﻟﻘﻮﻟﻪ : ﻳﺸﺘﺮﻭﻧﻪ ﻷﻧﻔﺴﻬﻢ، ﻓﺈﻧﻤﺎ ﺩﻓﻊ اﻟﺜﻤﻦ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ - ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ، ﻭﺑﻪ اﻟﺘﻮﻓﻴﻖ.

Hanya saja, menurut Syaikh Hasan Al-Maghrabi, Ulama mutaakkhirin dari kalangan Malikiyah, sebagaima tertulis dikitab Qurratul Ain bi Fatawa Ulama Al-Haramain, bahwa zakat fitrah diganti dengan uang hukum mencukupi hanya saja makruh.

📚 *قرة العين للشيخ حسين المغربي المالكي المتوفى  ١٢٩٢*

📖 (مسألة) : إن أخرج قيمة الصاع دراهم أو ذهبا فإنه يجزئ مع الكراهة، كما قال الدردير في فصل مصرف الزكاة من أقرب المسالك إلا العين عن حرث وماشية بالقيمة فتجزئ بكره، وهذا شامل لزكاة الفطر. اهـ وفي حاشية الصاوي في فصل زكاة الفطر نقلا عن تقرير الدردير أنه إن أخرج قيمة الصاع عينا فالأظهر الإجزاء؛ لأنه يسهل بالعين سد خلته في ذلك اليوم. اهـ

Dan jika mengikuti pendapat Ibnu Qosim atas bolehnya berzakat fitrah dengan uang, maka alokasi/mashraf zakat fitrahnya juga harus disesuaikan menurut arahan madzhab maliki juga. Karena didalam mazhab maliki alokasi zakat fitrah hanya terbatas kepada faqir dan miskin saja, tidak boleh kepada golongan selainnya dari delapan golongan yang berhak menerima zakat.

📚 *أسهل المدارك «شرح إرشاد السالك في مذهب إمام الأئمة مالك»، ٤٠٨/١*
📖 قال رحمه الله تعالى "ومصرفها الفقراء والمساكين بالاجتهاد، فيدفع صاع لجماعة واصع لواحد "يعني أن زكاة الفطر تصرف للفقراء والمساكين بالاجتهاد من الحاكم إن جمعت عنده، أو باجتهاد المزكي، فله دفع صاع لجماعة الفقراء والمساكين، وآصع لواحد بشرط الإسلام والحرية.

Sedangkan ukuran Sha' didalam mazhab maliki sama persis dengan ukuran sha' didalam fiqh mazhab syafii, yakni pada kisaran 2,4 Kg atau 2,75- 3 Kg beras yang layak konsumsi.

📚 *التقريرات السديدة للحبيب حسن بن احمد بن محمد الكاف الشافعي ج ١ ص ٤١٩*
📖 الواجب فيها صاعٌ عن كل شخصٍ اي أربعة أمدادٍ بمد النبي صلى الله عليه وسلم وهو ما يساوي حاليا  ٢،٧٥ كيلو  تقريبا وبعضهم يقول ثلاثة كيلوات تقريبا فالافضل الاحتياط

📚 *الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي ج ١ ص ٢٢٩*
📖 زكاة الفطر جنساً وقدراً : زكاة الفطر هي صاعً من غالب قوت البلد الذي يقيم فيه المكلف، بدليل حديث ابن عمر رضي الله عنهما السابق. وعند البخاري (1439) عن أبي سعيد الخدري - رضي الله عنه - قال: كنَّا نخرج في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم الفطر صاعاً من طعام، وكان طعامنا الشعير والزبيب والأَقِطُ والتمر. والصاع الذي كان يستعمله رسول الله - صلى الله عليه وسلم - إنما هو عبارة عن أربعة أمداد، أي حفنات، وهذه الحفنات الأربع مقدرة بثلاثة ألتار كيلاً، وتساوي بالوزن (2400) غراماً تقريباً.

📚 *الصاوي على شرح الصغير /بلغة السالك لاقرب المسالك  ج ١ ص ٦٧٥ ( فقه مالكي)*
📖 (وَهِيَ) أَيْ زَكَاةُ الْفِطْرِ (صَاعٌ) أَرْبَعَةُ أَمِدَاد عبْرَةُ الْمُدِّ حَفْنَةٌ مِلْءُ الْيَدَيْنِ الْمُتَوَسِّطَتَيْنِ. (فَضَلَ عَنْ قُوتِهِ وَقُوتِ عِيَالِهِ يَوْمَهُ) أَيْ يَوْمَ عِيدِ الْفِطْرِ، وَقَدْ مَلَكَهُ وَقْتَ الْوُجُوبِ.

📝 Al-hasil didalam mazhab maliki terjadi khilaf terkait mengeluarkan zakat fitrah yang semula berupa makanan pokok dari tujuh jenis yang sebutkan didalam kitab kitab mazhab maliki. Dan bisa kami rangkum khilafiyah tersebut dalam tiga pandangan ;

1). Menurut mayoritas ulama mazhab maliki, tidak boleh
2). Sedangkan menurut murid beliau, yaitu Imam Ibnu Qosim, boleh dan mencukupi disebut fitrah.
3). Menurut Syeikh Husain al-maghrobi, makruh.

Dari tiga pandangan diatas, sehingga pendapat ke-dua dari internal kalangan ulama mazhab maliki itu, bisa dijadikan sebagai solusi terhadap problem zakat fitrah menggunkan Uang, khususnya di indonesia. Apalagi mengingat takaran sha' mazhab maliki dengan mazhab syafii sama, yaitu ; sama-sama menggunakn sho' hijaz. hanya saja alokasi zakatnya hanya boleh diberikan kepada fuqoro' dan masakin saja tidak boleh kepada golongan penerima zakat yang lain.

✍️ Catatan :
Imam Ibnu Qasim bernama lengkap Syaikh Abdur Rahman bin Qasim bin Khalid bin Janadah (L. 132 H, W. 191 H,) merupakan murid langsung Imam Malik, jika diumpamakan kedalam deretan ulama mazhab syafii, maka imam ibnu qosim ini tak ubahnya seperti posisi imam al-muzanni. Dan Imam ibnu qosim pernah berguru kepada imam malik kurang lebih 20 thn dan merupakan murid yang dipercaya oleh imam malik. imam ibnu qosim juga termasuk seorang yang zuhud dan menjauhi pemerintah, imam malik pernah berkata kepada beliau, “Bertaqwalah engkau kepada Allah, dan sebarkanlah ilmu". 
Kemudian terkait zakat fitrah dengan uang ini, imam ibnu qasim pernah berkata : “Seandainya ada yang mempraktekkannya (zakat dengan uang) maka menurut saya hal itu tidak ada masalah".

_Wallahu A'lam bis Shawab_


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا