Langsung ke konten utama

JUAL BELI ASI



a.       Bolehkah mencampur ASI seperti di bank ASI ?
b.      Apakah semua bayi berstatus saudara rodlo' dengan meminum ASI campuran?
c.       Bagaimana hukumnya jual beli ASI?
Jawab:
a.       Tafsil dan khilaf :
@  Kalau tidak ada izin mencampur dari ibu-ibu pemilik ASI, maka tidak boleh karena menyalahi izin, yaitu memberikan masing-masing ASI kepada bayinya sendiri.
@  Kalau ada izin dari semua ibu pemilik ASI dan bisa terdeteksi / teridentifikasi maka boleh.
@  Bila ada izin namun tidak teridentifikasi, maka terjadi khilaf seperti dalam بنك لبن (bank ASI), yaitu :
·        Menurut sebagian ulama berpendapat tidak boleh, karena akan menyebabkan terjadinya percampuran dan ketidak jelasan nasab
·        Menurut sebagian ulama yang lain berpendapat boleh, karena ketidak teridentifikasikannya pemilik ASI tidak bisa menjadikan saudara rodlo' sehingga kerancuan nasab tidak terjadi.
فتاوى الأزهر الجزء التاسع ص : 431
لمفتى عطية صقر الرضاع باللبن المجفف وبنك اللبن لمفتى عطية صقر. مايو 1997 المبادى القرآن والسنة.السؤال : هل لبن الأمهات إذا يحرم به ما يحرم بالرضاع من اللبن السائل ؟ الجواب : ثبت التحريم بالرضاع فى القرآن والسنة, إذا كان فى مدة الحولين, مع الإختلاف بين الفقهاء فى عدد الرضاع التى تثبت بها التحريم واللبن إذا كان سائلا وأخذ من امرأة معلومة ورضعه طفل معلوم ثبت به التحريم, أما إذا جهلت المرضع أو جهل الرضيع فلا يثبت التحريم, وكذلك الشك لا يؤثر فى ذلك, لأن الأصل عدمه, وعليه إذا خلط لبن من نساء متعددات غير متعينات, ورضع منه طفل هل يثبت به التحريم أولا ؟ لقد أنشئ فى بعد البلاد ما يسمى ببنك اللبن كما أنشئ بنك الدم, وكان العلماء فى حكمه فريقين. الفرق الأول أخذ بالإختياط والورع وقال : لا يجوز إرضاع الطفل منه, لأنه قد يترتب عليه أن يزوج الولد من أخته أو من صاحبة اللبن وهو لا يدرى, والفريق الثانى : لم يجد سببا للمنع والحكم بالحرمة, لأنها تثبت إلا إذا عرفت الأم التى كان منها اللبن على اليقين, وعند الجهل لا تثبت بالحرمة وإن كان من الورع الإبتعاد عنه. اهـ

b.      Bila yakin telah terpenuhi syarat-syarat persusuan yang menjadi penyebab mahrom, maka menjadi saudara rodlo’, bila yakin tidak terpenuhi atau ragu maka tidak menjadi saudara rodlo’.
Catatan : Syarat rodlo’ dalam masalah ini adalah :
1.      Usia bayi kurang 2 tahun
2.      ASI di ambil (di peras) 5 kali dan diminumkan 5 kali menurut pendapat yang kuat.
3.      Perbedaan kadar ASI yang dicampur tidak jadi pertimbangan menurut pendapat yang kuat.
روضة الطالبين الجزء السابع ص : 452
لو حلب لبن إمرأة دفعة وأوجره الصبي في خمس دفعات فهل يحسب رضعة أم خمساً. قولان أظهرهما رضعة وقيل رضعة قطعاً.ولو حلب خمس دفعات وأوجره دفعة فالمذهب أنه رضعة وقيل على الطريقين. ولو حلب خمس دفعات وأوجر في خمس دفعات من غير خلط فهو خمس رضعات قطعاً. وإن حلب خمس دفعات وخلط ثم فرق وأوجر في خمس دفعات فالمذهب أنه خمس رضعات وبه قطع الجمهور وقيل على قولين لأنه بالخلط صار كالمحلوب دفعة.ولو حلب خمس نسوة في إناء وأوجره الصبي دفعة واحدة حسب من كل واحدة رضعة وإن أوجره في خمس دفعات حسب من كل واحدة رضعة وإن أوجره في خمس دفعات حسب من كل واحدة رضعة على الأصح وقيل خمس رضعات. (فرع) لو شك هل أرضعته خمس رضعات أم أقل أو هل وصل اللبن جوفه أم لا فلا تحريم ولا يخفى الورع. ولو شك هل أرضعته الخمس في الحولين أم بعضها أو كلها بعد الحولين فلا تحريم على الأظهر أو الأصح والتحريم محكي عن الصيمري لأن الأصل بقاء المدة. – الى أن قال - ولو كان بدل إحدى هؤلاء المرضعات زوجة أو جدة كان الحكم كما ذكرنا
c.       Hukumnya sah
مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج (6/  262)
وَيَصِحُّ بَيْعُ لَبَنِ الْآدَمِيَّاتِ ؛ لِأَنَّهُ طَاهِرٌ مُنْتَفَعٌ بِهِ فَأَشْبَهَ لَبَنَ الشِّيَاهِ ، وَمِثْلُهُ لَبَنُ الْآدَمِيِّينَ بِنَاءً عَلَى طَهَارَتِهِ ، وَهُوَ الْمُعْتَمَدُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا