Langsung ke konten utama

Penghasilan dari iklan YouTube


*Penghasilan dari iklan YouTube*

______

Rumusan Halaqoh Fathul qorib soal 89

*Deskripsi *
Di zaman digital ini, banyak orang memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan uang secara mudah.
Salah satunya adalah "YouTube". Di dalam dunia YouTube, banyak iklan-iklan yang bervariasi. Baik yang positif maupun negatif.

*Pertanyaan* :
Bagaimana hukum penghasilan dari iklan YouTube yang mana iklannya tersebut menampilkan hal￾hal yang tidak senonoh.

*jawaban sementara*

1. Relasi akad antara youtuber dan Youtube adalah relasi "akad ju’alah shohihah*, yaitu prestasi kunjungan konten, total subscriber, dan durasi ditonton. Dalam relasi ini meniscayakan Youtube membayar kepada Youtuber (pembuat konten) dalam bentuk besaran riil berupa uang, dan tidak dalam bentuk lain, seperti memerintahkan jual beli poin menonton, atau yang lain,
2. *Hukum penghasilan YouTuber dari youtbe adalah halal karena termasuk katagori aqod ju'alah shohihah,

*dengan catatan*  :
a). Iklan yg ditampilkan oleh fihak youtube sesuai kesepakatan yaitu dijamin tidak ada gb tidak senonoh, pelecehan berbau syara, kekerasaan dll..*
b).Kalaupun ada, karena hal itu yg menayangkan, memilih dan yang mengendalikan adalah fihak youtube, sementara dalam klausul perjanjian tidak ada atau tidak tercantumkan, Tentu tidak berpengaruh terhadap keabsahan dan kehalalan aqad.
c. Disamping itu, kalau hanya ada satu dua yg tidak senonoh (dan itupun dari sana bukan konten kita), juga tidak berpengaruh secara fiqh. Masuk dlm referensi keterangan dari Syekh Zainuddin al-Malibari memberikan komentarnya dalam kitab Fath Al-Mu’in sebagai berikut :

وَلَا تَحْرُمُ مُعَامَلَةُ مَنْ أَكْثَرُ مَالِهِ حَرَامٌ وَلَا الْاَكْلُ مِنْهَا… قَالَ فِي الْمَجْمُوْعِ: يُكْرَهُ الْاَخْذُ مِمَّنْ بِيَدِهِ حَلَالٌ وَحَرَامٌ كَالسُّلْطَانِ الْجَائِرِ. وَتَخْتَلِفُ الْكَرَاهَةُ بِقِلَّةِ الشُّبْهَةِ وَكَثْرَتِهَا، وَلَا يَحْرُمُ إِلَّا إِنْ تَيَقَّنَ أَنَّ هَذَا مِنَ الْحَرَامِ. وَقَوْلُ الْغَزَالِي: يَحْرُمُ الْاَخْذُ مِمَّنْ أَكْثَرُ مَالِهِ حَرَامٌ وَكَذَا مُعَامَلَتُهُ: شَاذٌ

“Tidak diharamkan bermuamalah dengan seseorang yang sebagian besar hartanya berupa barang haram, begitu pula tidak haram memakan makanannya… Imam an-Nawawi menjelaskan dalam kitab al-Majmu’: Dimakruhkan menerima sesuatu dari seseorang yang hartanya tercampur antara yang halal dan yang haram. Misalkan harta pemimpin yang sewenang-wenang. Kadar kemakruhannya juga berbeda sesuai kadar kesamaran harta. Hukum ini tidak haram kecuali ketika ia yakin bahwa sesuatu yang diambilnya Itu nyata-nyata barang yang haram. Adapun pendapat Al-Ghazali yang mengatakan haram bermuamalah dengan seseorang yang sebagian besar hartanya berupa barang haram adalah pendapat yang ganjil (tidak wajar).”

.
*catatan tambahan penjelasan* :

1. Makna ju’alah secara bahasa adalah sesuatu yang diberikan pada seseorang atas apa yang telah ia kerjakan.

Dan secara syara’ adalah kesanggupan orang yang mutlak tasharrufnya untuk memberikan ongkos / ‘iwadh pada orang tertentu ataupun tidak, atas pekerjaan yang telah diketahui atau belum diketahui secara jelas.

2.  dalam penjelasan kitab Bughyah mustarsidin bahwa : Jualah dengan upah/ju'lu ma'lum juzi dianggap sah, sedangkan Di Youtube uang Komisi memang ma'lum juz'i. meskipun Presentase dari hasil JU'LU dalam jualah itu khilafiya Yaitu boleh  ma'lumul ain dan atau boleh ma'lumul juz'i.

اﻟﺠﻌﺎﻟﺔ
(ﻣﺴﺄﻟﺔ: ﻛ): اﻧﻜﺴﺮ ﻣﺮﻛﺐ ﻓﻲ اﻟﺒﺤﺮ ﻓﺄﻣﺮ ﺻﺎﺣﺒﻪ ﺃﻥ ﻛﻞ ﻣﻦ ﺃﺧﺮﺝ ﻣﻦ اﻟﻤﺘﺎﻉ ﺷﻴﺌﺎ ﻓﻠﻪ ﺭﺑﻌﻪ ﻣﺜﻼ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ اﻟﻤﺠﻌﻮﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻌﻠﻮﻣﺎ ﻋﻨﺪ اﻟﺠﻌﻴﻞ ﺑﺄﻥ ﺷﺎﻫﺪﻩ ﻗﺒﻞ اﻟﻐﺮﻕ ﺃﻭ ﻭﺻﻔﻪ ﻟﻪ ﺻﺢ اﻟﻌﻘﺪ ﻭاﺳﺘﺤﻖ، ﻭﺇﻻ ﻓﺴﺪ ﻭاﺳﺘﺤﻖ ﺃﺟﺮﺓ اﻟﻤﺜﻞ.

[ ﻓﺎﺋﺪﺓ]
: ﺗﺠﻮﺯ اﻟﺠﻌﺎﻟﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﺮﻗﻴﺔ ﺑﺎﻟﺠﺎﺋﺰ ﻛﺎﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭاﻟﺪﻭاء ﻛﺘﻤﺮﻳﺾ ﻣﺮﻳﺾ ﻭﻋﻼﺝ ﺩاﺑﺔ، ﺛﻢ ﺇﻥ ﻋﻴﻦ ﻟﻬﺎ ﺣﺪا ﻓﺬاﻙ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﺎ ﺟﻮﻋﻞ ﻓﻴﻪ ﺑﻀﺒﻂ ﻓﻠﻪ ﺃﺟﺮﺓ ﻣﺜﻠﻪ، ﻓﺈﻥ ﻗﻴﺪ ﺑﺎﻟﺸﻔﺎء اﺳﺘﺤﻖ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﺑﻪ ﻻ ﻗﺒﻠﻪ اﻩـ ﻗﻼﺋﺪ.
3. dari segi pandangan ahli tasawuf tentang mu'malh dengan orang yg hartanya campur antara halal dan harom, sebagai berikut :

*التهذيب في فقه الإمام الشافعي ٣/ ٤٦٩*
ويكره مبايعة من أكثر ماله ربا أو حرام؛ خوفا من أن يقع في الحرام.
قال النبي - ﷺ -: «من وقع في الشبهات وقع في الحرام؛ الراعي يرعى حول الحمى، يوشك أن يقع فيه».
إلا أن العقد صحيح؛ لإمكان الحلال

يه؛ فإن تيقن كونه من الربا أو من الحرام، أو مختلطا بشيء منه - فلا يصح البيع.
.4.  dari segi pandangan ahli tasawuf dan ahli fikih tentang mu'malh dengan orang yg hartanya banyak harom tapi tidak diketahui sebagai berikut :

وَقَال الْقَلْيُوبِيُّ مِنَ الشَّافِعِيَّةِ: لاَ يَحْرُمُ الأَْكْل وَلاَ الْمُعَامَلَةُ، وَلاَ أَخْذُ الصَّدَقَةِ، وَالْهَدِيَّةِ، مِمَّنْ أَكْثَرُ مَالِهِ حَرَامٌ إِلاَّ مَا عُلِمَ حُرْمَتُهُ، وَلاَ يَخْفَى الْوَرَعُ

[مجموعة من المؤلفين، الموسوعة الفقهية الكويتية، ٧٨/١٥]

5. Dalam kitab Fathul Mu’in diterangkan,

فائدة: لو أخذ من غيره بطريق جائز ما ظن حله، وهو حرام باطنا، فإن كان ظاهر المأخوذ منه الخير لم يطالب في الأخرة، وإلا طولب. قاله البغوي

“Andaikan saja seseorang mengambil benda yang dia perkirakan halal dengan prosedur yang dijawazkan, akan tetapi hakikatnya atau segi batinnya benda tersebut ternyata adalah barang yang haram  maka hukumnya dipilah kembali. Andaikan secara dhohirnya atau secara kasat mata si pemberi adalah orang baik, kelak di akhirat penerima barang tersebut tidak akan mendapatkan konsekuensi buruk apapun. Tapi jika tidak begitu (jika kelihatannya saja si pemberi benda tersebut adalah orang yang tidak baik) maka kelak di akhirat si penerima akan mendapatkan imbas buruknya juga. Pendapat tersebut disampaikan oleh Imam al-Baghowi.” (Syaikh Zainuddin al-Malibari. Hasyiyah I’anatu Thalibin. Juz 3. Halaman 13.)

*Referensi*

1 ) قوت الحبيب الغريب ، ص : ١٦٨
(فصل: في احكام الجعالة وهي بتثليث الجيم ) والكسر افصح بل اقتصر الصحاح والمحتار على الكسر ويليه الفتح ثم الضم ( ومعناها لغة ما يجعل لشخص ) من العوض ( على ) فعل ( شيء يفعله ) بعقد أو بغيره ( وشرعا التزام مطلق التصرف عوضا معلوما على عمل معين أو مجهول ) عسر علمه كرد الضال (لمعين او غيره) وهو العامل كان يقول لزيد رد عبدي ولك علي كذا ويقول من رد عبدي فله علي كذا ولو قال رد كذا وعلي ان ارضيك وجب اجرة المثل لأنها إجارة فاسدة.

2) إعانة الطالبين ج.٣ ص.١٤٦
(ﺗﺘﻤﺔ) ﻓﻲ ﺑﻴﺎﻥ ﺃﺣﻜﺎﻡ اﻟﺠﻌﺎﻟﺔ اﻟﺘﻲ ﺗﺮﻛﻬﺎ اﻟﻤﺆﻟﻒ ﻭﻛﺎﻥ ﺣﻘﻪ ﺃﻥ ﻳﺬﻛﺮﻫﺎ ﺗﺒﻌﺎ ﻟﻐﻴﺮﻩ ﻣﻦ اﻟﻔﻘﻬﺎء، ﻭاﺧﺘﻠﻔﻮا ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﺫﻛﺮﻫﺎ، ﻓﻤﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﺫﻛﺮﻫﺎ ﻋﻘﺐ اﻹﺟﺎﺭﺓ، ﻛﺎﻟﻐﺰاﻟﻲ، ﻭﺻﺎﺣﺐ اﻟﺘﻨﺒﻴﻪ، ﻭﺗﺒﻌﻬﻢ ﻓﻲ اﻟﺮﻭﺿﺔ ﻻﺷﺘﺮاﻛﻬﻤﺎ ﻓﻲ ﻏﺎﻟﺐ اﻷﺣﻜﺎﻡ، ﺇﺫ اﻟﺠﻌﺎﻟﺔ ﻻ ﺗﺨﺎﻟﻒ اﻹﺟﺎﺭﺓ ﺇﻻ ﻓﻲ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﺣﻜﺎﻡ ، ﺃﺣﺪﻫﺎ ﺻﺤﺘﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻋﻤﻞ ﻣﺠﻬﻮﻝ ﻋﺴﺮ ﻋﻠﻤﻪ، ﻛﺮﺩ اﻟﻀﺎﻟﺔ ﻭاﻵﺑﻖ،
ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﺴﺮ ﻋﻠﻤﻪ، اﻋﺘﺒﺮ ﺿﺒﻄﻪ، ﻛﻤﺎ ﺳﻴﺄﺗﻲ، ﺇﺫ ﻻ ﺣﺎﺟﺔ ﺇﻟﻰ اﺣﺘﻤﺎﻝ اﻟﺠﻬﻞ ﺣﻴﻨﺌﺬ. ﺛﺎﻧﻴﻬﺎ: ﺻﺤﺘﻬﺎ ﻣﻊ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﻴﻦ، ﻛﺄﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﺭﺩ ﺿﺎﻟﺘﻲ ﻓﻠﻪ ﻋﻠﻲ ﻛﺬا. ﺛﺎﻟﺜﻬﺎ: ﻛﻮﻧﻬﺎ ﺟﺎﺋﺰﺓ ﻣﻦ اﻟﻄﺮﻓﻴﻦ، ﻃﺮﻑ اﻟﺠﺎﻋﻞ، ﻭﻃﺮﻑ اﻟﻌﺎﻣﻞ. ﺭاﺑﻌﻬﺎ: اﻟﻌﺎﻣﻞ ﻻ ﻳﺴﺘﺤﻖ اﻟﺠﻌﺎﻟﺔ ﺇﻻ ﺑﻌﺪ ﺗﻤﺎﻡ اﻟﻌﻤﻞ. ﺧﺎﻣﺴﻬﺎ: ﻋﺪﻡ اﺷﺘﺮاﻁ اﻟﻘﺒﻮﻝ،

3) شرح الياقوت النفيس ج ٢ ص ٢٢
والعبرة في العقود لمعانيها لا لصور الألفاظ…. وعن البيع و الشراء بواسطة التليفون والتلكس والبرقيات, كل هذه الوسائل وأمثالها معتمدة اليوم وعليها العمل.

4) الفقه الإسلامي وأدلته ج.٤ ص.٩٤٢
(اﻟﻜﺘﺎﺏ ﻛﺎﻟﺨﻄﺎﺏ) ﻭﻫﺬا ﺭﺃﻱ اﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻭاﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ . ﻭﺫﻟﻚ ﻛﺄﻥ ﻳﺮﺳﻞ ﺷﺨﺺ ﺧﻄﺎﺑﺎ ﻵﺧﺮ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻴﻪ: (ﺑﻌﺘﻚ ﺳﻴﺎﺭﺗﻲ ﺑﻜﺬا)، ﻓﺈﺫا ﻭﺻﻠﻪ اﻟﻜﺘﺎﺏ، ﻓﻘﺎﻝ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺲ ﻗﺮاءﺓ اﻟﻜﺘﺎﺏ: ﻗﺒﻠﺖ، اﻧﻌﻘﺪ اﻟﺒﻴﻊ. ﻓﺈﻥ ﺗﺮﻙ اﻟﻤﺠﻠﺲ، ﺃﻭ ﺻﺪﺭ ﻣﻨﻪ ﻣﺎ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ اﻹﻋﺮاﺽ ﻋﻦ اﻹﻳﺠﺎﺏ، ﻛﺎﻥ ﻗﺒﻮﻟﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺘﺒﺮ.
ﻭﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﺇﺭﺳﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮ ﻣﺜﻞ ﺇﺭﺳﺎﻝ اﻟﻜﺘﺎﺏ، ﻳﻌﺘﺒﺮ ﻣﺠﻠﺲ ﻭﺻﻮﻝ اﻟﺮﺳﻮﻝ ﻫﻮ ﻣﺠﻠﺲ اﻟﻌﻘﺪ، ﻓﻴﻠﺰﻡ ﺃﻥ ﻳﻘﺒﻞ ﻓﻴﻪ، ﻓﺈﻥ ﻗﺎﻡ ﻣﻦ اﻟﻤﺠﻠﺲ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﻘﺒﻞ اﻧﺘﻬﻰ ﻣﻔﻌﻮﻝ اﻹﻳﺠﺎﺏ. ﻓﺎﻟﻤﻌﺘﺒﺮ ﻫﻮ ﻣﺠﻠﺲ ﺑﻠﻮﻍ اﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﺃﻭ اﻟﻜﺘﺎبة. ﻭﺻﻮﺭﺓ اﻹﺭﺳﺎﻝ: ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﺷﺨﺺ: ﺑﻌﺖ ﻟﻔﻼﻥ ﻛﺬا، ﻓﺎﺫﻫﺐ ﻳﺎ ﻓﻼﻥ ﻭﻗﻞ ﻟﻪ، ﻓﺬﻫﺐ اﻟﺮﺳﻮﻝ، ﻓﺄﺧﺒﺮﻩ، ﻓﻘﺒﻞ اﻟﻤﺸﺘﺮﻱ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺴﻪ ﺫﻟﻚ ﺻﺢ اﻟﻌﻘﺪ . ﻟﻜﻦ ﻋﻘﺪ اﻟﺰﻭاﺝ ﻻ ﻳﺼﺢ اﻧﻌﻘﺎﺩﻩ باﻟﻜﺘﺎبة ﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻌﺎﻗﺪاﻥ ﺣﺎﺿﺮﻳﻦ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺲ ﻭاﺣﺪ، ﺇﻻ ﺣﺎﻝ اﻟﻌﺠﺰ ﻋﻦ اﻟﻨﻄﻖ ﻛﺎﻟﺨﺮﺱ؛ ﻷﻥ اﻟﺰﻭاﺝ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻟﺼﺤﺘﻪ ﺣﻀﻮﺭ اﻟﺸﻬﻮﺩ ﻭﺳﻤﺎﻋﻬﻢ ﻛﻼﻡ اﻟﻌﺎﻗﺪﻳﻦ، ﻭﻫﺬا ﻻ ﻳﺘﻴﺴﺮ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ اﻟﻜﺘﺎبة.
*ﻭﻗﻴﺪ اﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭاﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﺻﺤﺔ اﻟﺘﻌﺎﻗﺪ ﺑﺎﻟﻜﺘﺎﺑﺔ ﺃﻭ اﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﻓﻴﻤﺎ ﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻌﺎﻗﺪاﻥ ﻏﺎﺋﺒﻴﻦ، ﺃﻣﺎ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ اﻟﺤﻀﻮﺭ ﻓﻼ ﺣﺎﺟﺔ ﺇﻟﻰ اﻟﻜﺘﺎﺏﺓ؛ ﻷﻥ اﻟﻌﺎﻗﺪ ﻗﺎﺩﺭ ﻋﻠﻰ اﻟﻨﻄﻖ، ﻓﻼ ﻳﻨﻌﻘﺪ اﻟﻌﻘﺪ ﺑﻐﻴﺮﻩ.*

*Susunan team ahli*

*kontributor :*

1. Ust.  Abdullah Salam (aktivis MTTM, Ro'is suryah NU ranting rombo wetan rembang, pengurus LBM MWC rembang pasuruan, PP AL GHOFURIY bendungan keraton pasuruan).
2. Ust. muhammad Muhsin (Aktivis Piss KTB, alumni lirboyo)
3. Ust. Ach. Muhtar Bs, (Alumni PP. Sidogiri, pasuruan).
4.Ust. Arupinia Katsumadai, Spd, Pamekasan Madura
5. Ust. Ridwan hanafi (alumni pp Al hikmah, IPNU PAC TANON PC SRAGEN)
6. Ust. Farid fauzi (PP Hidayatul Mubtadi'ien Ngunut Tulungagung)
7. Ust. Aula nida (Pengurus dan staf perpustakaan Ma'had Aly Tebuireng serta aktivis Piss KTB)
8. Ust. Junaidi El qorik ( Alumni  PP. NAHDATUL ATHFAL kabupaten kubu raya, Kalimantan barat, Aktivis DHF)

*Notulen :*

Ustadz "Mas" Abdullah Amin nafi' (alumni PP. Tarbiyatun Nasyi'in, Paculgowang Jombang)

*Moderator:*

1.Kang  Rasjid (alumni PP. Alhamdulillah, Kemadu, Sulang - Rembang, Jawa Tengah)

2. Ust. Ahmad Shodiqin ( Alumni, PP. Hidayatut thullab Pondok tengah Kamulan durenan trenggalek).

*Dewan Mushohih:*

1. KH. Zahro Wardi (Pengasuh PP Darussalam Sumberingin-Trenggalek-Jatim) aktif sebagai perumus di PW LBMNU Jatim, Perumus FMPP Jawa Madura dan Komisi Fatwa MUI Jatim.
2. KH. Ahmad Faisol Tantowi (ketua komisi Fatwa MUI Badung Bali, Rois Syuriah PCNU Badung Bali, dan notulen serta penyusun buku).
3. KH. Mukhtar Syafa'at (Alumni Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Ketua LBM PCNU Bangkalan, Anggota Komisi Fatwa MUI Jawa Timur)
4. KH. Muchammad Machmud 'Ubaid ( ketua LBM MWC NU WARU. Sidoarjo Jatim, alumni Pon Pes Langitan)
5. KH. Fathurrohman,S.Pd.I (WAKIL ROIS SURIYAH MWC Gandrungmangu, Ketua LBM NU MWC Gandrungmangu, Ketua UPZIS di MWC Gandrungmangu, Katib Suriyah di Ranting NU Layansari, Anggota LBM di PC Cilacap,  Alumni PPHT Kamulan,Durenan,Trenggalek,Jawa Timur).
6. KH.  Mulyono Taufiq SPdi ( Pon pes: hidayatut thullab, Wakil ketua BKNU PWNU Jatim.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan