Langsung ke konten utama

TAKBIR SHALAT BERKALI-KALI

 


Assalamu'alaikum Wr.wb

Sekedar bertanya ustadz ,,ustadzah


Begini tadi aq mendengar ada ustadz muda ceramah,,klo takbirotul ihrom sampe 2 kali itu shalatnya jadi batal..klo 3 kali malah ga batal


Benarkah seperti itu,,Monggo para ustadz 🙏


JAWABAN


TAKBIR SHALAT BERKALI-KALI


فرع لو كبر مرات ناويا الافتتاح بكل: دخل فيها بالوتر وخرج منها بالشفع لأنه لما دخل بالأولى خرج بالثانية لان نية الافتتاح بها متضمنة لقطع الأولى وهكذا فإن لم ينو ذلك ولا تخلل مبطل كإعادة لفظ النية فما بعد الأولى ذكر لا يؤثر.


Jika ada orang takbiratul ihram berkali-kali, abis Allahu Akbar, terus takbiratul ihram lagi Allaaahu Akbar, dan terus aja di ulangi ampe kayak shalat 'id, maka takbir yang genap membatalkan takbir yang ganjil. 


Takbir kedua membatalkan takbir pertama. Takbir keempat batalin takbir ketiga, dan seterusnya. 


Eh ko bisa gitu? Ya karena termasuk yang membatalkan shalat adalah mengucapkan takbir dengan tujuan takbiratul ihram. 


Maka dia takbiratul ihram pertama kan udah masuk shalat, udah masuk shalat nih ya, eh malah takbir lagi dengan niat takbiratul ihram, kan takbir kedua itu jadinya membatalkan shalat. Ngebatalin takbir pertama.


Gimana solusinya? Gini aja, kalau abis takbir kok ragu, maka mending niat aja keluar shalat di hati "shalat ini saya batalkan". Maka dia sudah keluar shalat, udah ga shalat lagi. 


Lha terus takbir lagi, dan takbir ini ga batalin takbir pertama, karena dia udah ga di dalam shalat.


Kalau was-was banget.. niatnya bisa sebelum takbiratul ihram. 


Terus yg perlu di pahami dan memang sering bikin salah paham, niat itu ga harus usholli fardzodz-dzuhri dst sampai panjang itu. Misal niat "saya shalat Dzuhur fardhu sebagai makmum", gini saja, sudah cukup.


Satu lagi, niat itu di hati ya, kalau diucapkan itu sunah, sebagian ulama' menilai bid'ah dan memang ada pendapat demikian, dan hormati pendapat itu karena memang masih ranah 4 madzhab. 


Jadi yg di nilai niat sah atau tidak itu ya tetep yg di hati, bukan yg diucapkan bersuara.


Kesimpulan :

1. Jika takbiratul ihram berulang² jatuh pada takbir yang ganjil (takbir ke-3/5,/seterusnya) maka sah shalatnya

2. Jika takbiratul ihram berulang² jatuh pada takbir yang genap (takbir ke-2/4/seterusnya) maka tidak sah sholatnya.

______________________


Orang yang takbiratul ihram berkali-kali dirinci sebagai berikut:

• Jika ia Takbiratul Ihram berulang kali dan niat setiap Takbiratul Ihram itu sebagai pembuka sholat maka:

Pertama, sah sholatnya pada takbir hitungan ganjil.

Kedua, batal sholatnya pada takbir hitungan genap.


• Jika ia niat keluar dari sholat di antara dua takbir maka:

Pertama, dihukumi keluar dari sholat dengan sebab niat keluar.

Kedua, dihukumi masuk kedalam sholat saat takbir lagi. Sederhananya sholatnya sah saat takbir ke berapa pun karena sudah dibatalkan di antara takbir.


• Jika ia tidak niat apa-apa pada takbir kedua dst, maka sah sholatnya pada takbir pertama dan dihitung zikir pada takbir kedua dst.

diambil dari grup facebook Pon-pes Darul Falah

Ibarot:


لَوْ كَبَّرَ لِلْإِحْرَامِ مَرَّات وَنَوَى بِكُلِّ تَكْبِيرَة افْتِتَاح الصَّلَاة، فَإِنَّهُ يَدْخُل فِي الصَّلَاة بِالْأَوْتَارِ ; وَيَخْرُج بِالْأَشْفَاعِ ; لِأَنَّ مَنْ افْتَتَحَ صَلَاةً ثُمَّ افْتَتَحَ أُخْرَى بَطَلَتْ صَلَاتُهُ ; لِأَنَّهُ يَتَضَمَّن قَطْع الْأُولَى، فَلَوْ نَوَى الْخُرُوج بَيْن التَّكْبِيرَتَيْنِ خَرَجَ بِالنِّيَّةِ وَدَخَلَ بِالتَّكْبِيرَةِ، وَلَوْ لَمْ يَنْوِ بِالتَّكْبِيرَاتِ شَيْئًا ; لَا دُخُولًا وَلَا خُرُوجًا: صَحَّ دُخُوله بِالْأُولَى ; وَالْبَوَاقِي ذِكْرٌ، وَقَدْ لَا يُبْطِلهَا

[السيوطي، الأشباه والنظائر للسيوطي، صفحة ٢٠]


[إذا كبر للإحرام ثم كبر أخرى فله ثلاث حالات]


إذا كبر للإحرام ثم كبر أخرى . . فله ثلاث حالات تؤخذ من كلام ابن العماد والشيخ زكريا وابن حجر وغيرهم :


الأولى : أن ينوي بالتكبيرة الثانية الذكر المحض ، فصلاته صحيحة ، وعليه يحمل حديث أبي داوود : ( أنه صلى الله عليه وسلم كان يكبر للإحرام ثلاثاً ). 


الثانية : أن ينوي قطع النية قبل التكبيرة الثانية ، ثم يكبر ثانياً للتحرم ، فصلاته صحيحة ولكنه يعصي الله بخروجه من الصلاة الأولى. 


الثالثة : ألا ينوي قطع النية ، بل كبر ثانياً ؛ فإن صلاته تبطل بالتكبيرة الثانية ، وعبارة « التحفة » : ( ولو كبر مرات ناوياً الافتتاح بكل . . دخل فيها بالوتر وخرج بالشفع ؛ لأنه لما دخل بالأولى . . خرج بالثانية ؛ لأن نية الافتتاح متضمنة لقطع الأولى . . . وهكذا ، فإن لم ينو ذلك ولا تخلل مبطل كإعادة لفظ النية . . فما بعد الأولى ذكر لا يؤثر ) .

عمدة المفتي والمستفتي


(الثَّالِثَةُ) قَالَ صَاحِبُ التَّلْخِيصِ وَتَابَعَهُ الْقَاضِي أَبُو الطَّيِّبِ وَالْبَغَوِيُّ وَالْأَصْحَابُ وَنَقَلَهُ الْبَنْدَنِيجِيُّ وَإِمَامُ الْحَرَمَيْنِ وَالْغَزَالِيُّ فِي الْبَسِيطِ وَمُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى عَنْ الْأَصْحَابِ كَافَّةً لَوْ كَبَّرَ لِلْإِحْرَامِ أَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ أَوْ أَكْثَرَ دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ بِالْأَوْتَارِ وَبَطَلَتْ بِالْأَشْفَاعِ وَصُورَتُهُ أَنْ يَنْوِيَ بِكُلِّ تَكْبِيرَةٍ افْتِتَاحَ الصَّلَاةِ وَلَا يَنْوِي الْخُرُوجَ مِنْ الصَّلَاةِ بَيْنَ كُلِّ تَكْبِيرَتَيْنِ فَبِالْأُولَى دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ وَبِالثَّانِيَةِ خَرَجَ مِنْهَا وَبَطَلَتْ وَبِالثَّالِثَةِ دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ وَبِالرَّابِعَةِ خَرَجَ وَبِالْخَامِسَةِ دَخَلَ وَبِالسَّادِسَةِ خَرَجَ وَهَكَذَا أَبَدًا لِأَنَّ مَنْ افْتَتَحَ صَلَاةً ثُمَّ افْتَتَحَ أُخْرَى بَطَلَتْ صَلَاتُهُ لِأَنَّهُ يَتَضَمَّنُ قَطْعَ الْأُولَى فَلَوْ نَوَى بَيْنَ كُلِّ تَكْبِيرَتَيْنِ افْتِتَاحَ الصَّلَاةِ أَوْ الْخُرُوجَ مِنْهَا فَبِالنِّيَّةِ يَخْرُجُ مِنْ الصَّلَاةِ وَبِالتَّكْبِيرِ يَدْخُلُ فَلَوْ لَمْ يَنْوِ بِالتَّكْبِيرَةِ الثَّانِيَةِ وَمَا بَعْدَهَا افْتِتَاحًا وَلَا دُخُولًا ولا خروخا صع دُخُولُهُ بِالْأُولَى وَيَكُونُ بَاقِي التَّكْبِيرَاتِ ذِكْرًا لَا تبطل به الصلاة بل له ويكون باقى الْأَذْكَارِ

[النووي ,المجموع شرح المهذب ,3/299]


ولو كبر للإحرام أربع تكبيرات أو أكثر .. دخل في الصلاة بالأوتار، وبطلت بالأشفاع.

وصورته: أن ينوي بكل تكبيرة افتتاح الصلاة، ولم ينو الخروج منها، فبالأولى دخل، وبالثانية خرج، وبالثالثة دخل، وبالرابعة خرج، وبالخامسة دخل، وبالسادسة خرج وهكذا أبدًا، هكذا في زوائد (الروضة)، والمسألة في (الشرح) كذلك في الباب الثاني من (أبواب الشفعة).

[الدَّمِيري ,النجم الوهاج في شرح المنهاج ,2/95]


(فرع) لو كبر مرات ناويا الافتتاح بكل: دخل فيها بالوتر وخرج منها بالشفع، لانه لما دخل بالاولى خرج بالثانية، لان نية الافتتاح بها متضمنة لقطع الاولى.

وهكذا، فإن لم ينو ذلك، ولا تخلل مبطل كإعادة لفظ النية، فما بعد الاولى ذكر لا يؤثر.

(قوله: لو كبر مرات) المراد بالجمع ما فوق الواحد، فيصدق بالاثنين فأكثر.

(قوله: ناويا الافتتاح بكل) أي بكل مرة.

(قوله: دخل فيها) أي في الصلاة.

(قوله: لأنه لما دخل بالأولى إلخ) تأمل هذه العلة فإنها عين المعلل أو فرد من أفراده.

فلو قال - كما في شرح الروض -: لأن من افتتح صلاة ثم نوى افتتاح صلاة بطلت صلاته، أو اقتصر على العلة الثانية.

وأظهر ضمير بها كأن قال: لأن نية الافتتاح بالثانية الخ لكان أولى.

(قوله: لأن نية الافتتاح بها متضمنة لقطع الأولى) أي ويصير ذلك صارفا عن الدخول بها لضعفها عن تحصيل أمرين: الخروج والدخول معا.

فيخرج بالأشفاع لذلك.

هذا إن لم ينو بين كل تكبيرتين خروجا أو افتتاحا، وإلا فيخرج بالنية ويدخل بالتكبير.

[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,1/156]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا