Langsung ke konten utama

Anak janda duda menikah

 *Hasil Rumusan PROBLEMATIKA FIQIH I*


 *Deskripsi masalah:*

Pak andre seorang duda yang mempunyai anak satu anak laki-laki bernama adi.

Bu riya seorang janda yang mempunyai satu anak perempuan bernama indah.

Kemudian pak andre menikah dengan indah ( anaknya bu riya ) dan bu riya menikah dengan adi ( anaknya pak andre ).


 *NB: *Adi adalah anak nya pak andre*


*Indah adalah anak nya bu riya*


*Pasangan 1*

*Pak andre menikah dengan indah dan memiliki anak, anggap namanya si A*


*Pasangan 2*

*Kemudian adi menikah dengan bu riya dan juga memiliki anak. Anggap namanya si B*


*Dilihat dari sisi si A thd pasangan 2*

- *Adi adalah saudara se ayah*

- *Bu riya adalah neneknya*

*Jadi si B adalah keponakan si A*


*Dilihat dari sisi si B thd pasangan 1:*

- *pak andre adalah kakeknya*

- *indah adalah saudara seibu*

*Jadi si A adalah keponakan si B*


 *Urutan-urutan mahram:* 


muhrim yaitu seseorang yang haram di nikahi dan banyaknya ada empat belas.


 *tuju orang dari pihak turunan :* 


1)ibu dan ibunya(nenek),ibu dari Bapak dan seterusnya sampai ke atas.

2)anak dan cucu seterusnya ke bawah

3)Saudara Perempuan,seibu-sebapa atau sebapa atau seibu saja.

4)Saudara Perempuan dari Bapa

5)Saudara perempuan dari ibu 

6)anak perempuan dari saudara laki-laki dan seterusnya

7)anak perempuan dari saudara perempuan dan seterusnya.


 *dua orang dari sebab menyusu:* 


1)ibu dan bapa tempat menyusu.

2)saudara perempuan yg sepersusuan 


 *empat orang dari dari sebab perkawinan* 


1)ibu dari istri (mertua)

2)anak tiri,apabila sudah campur dengan ibunya 

3)istri dari anak(menantu)

4)istri Bapa.


*Pertanyaan:* 


1. _Apakah boleh anak dari pasangan pak andre dan indah menikah dengan anak dari pasangan bu riya dan adi?_


 *Jawaban:*

```Hukum menikah nya anak dari pasangan pak andre dan indah menikah dengan anak dari pasangan bu riya dan adi adalah tidak sah, karena masih ada hubungan mahram mahram dengan nasab.```


 *Referensi:*


📚  *الفقه المنهجي جز ٤ صح ٢٦* 


اﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﻘﺮاﺑﺔ:

ﻭاﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺴﺒﺐ اﻟﻘﺮاﺑﺔ ﺳﺒﻊ، ﻭﻫﻦ:

1ـ اﻷﻡ، ﻭﺃﻡ اﻷﻡ، ﻭﺃﻡ اﻷﺏ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﺄﺻﻮﻝ اﻹﻧﺴﺎﻥ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ.

2ـ اﻟﺒﻨﺖ، ﻭﺑﻨﺖ اﻻﺑﻦ، ﻭﺑﻨﺖ اﻟﺒﻨﺖ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻹﻧﺴﺎﻥ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ.

3ـ اﻷﺧﺖ، ﺷﻘﻴﻘﺔ ﻛﺎﻧﺖ، ﺃﻭ ﻷﺏ، ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻷﺑﻮﻳﻦ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ ﺃﺑﺪا.

4ـ ﺑﻨﺖ اﻷﺥ اﻟﺸﻘﻴﻖ، ﻭﺑﻨﺖ اﻷﺥ ﻷﺏ، ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ.

5ـ ﺑﻨﺖ اﻷﺧﺖ، ﺷﻘﻴﻘﺔ ﻛﺎﻧﺖ، ﺃﻭ ﻷﺏ، ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻓﻬﻦ ﺣﺮاﻡ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺃﺑﺪا.

6ـ اﻟﻌﻤﺔ، ﻭﻫﻲ ﺃﺧﺖ اﻷﺏ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﻋﻤﺔ اﻷﺏ، ﻭﻋﻤﺔ اﻷﻡ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻟﺠﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ اﻷﺏ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺑﺤﺎﻝ.

7ـ اﻟﺨﺎﻟﺔ، ﻭﻫﻲ ﺃﺧﺖ اﻷﻡ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﺧﺎﻟﺔ اﻷﻡ ﻭﺧﺎﻟﺔ اﻷﺏ ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻟﺠﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ اﻷﻡ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺃﺑﺪا. ﻭﻓﻲ ﺣﺮﻣﺔ ﻫﺆﻻء ﻛﻠﻬﻦ ﻧﺰﻝ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺃﻣﻬﺎﺗﻜﻢ ﻭﺑﻨﺎﺗﻜﻢ ﻭﺃﺧﻮاﺗﻜﻢ ﻭﻋﻤﺎﺗﻜﻢ ﻭﺧﺎﻻﺗﻜﻢ ﻭﺑﻨﺎﺕ اﻷﺥ ﻭﺑﻨﺎﺕ اﻷﺧﺖ ... .. } 

[ اﻟﻨﺴﺎء: 23] 

ﻓﺈﺫا ﻋﻘﺪ ﻋﻠﻰ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ ﻛﺎﻥ اﻟﻌﻘﺪ ﺑﺎﻃﻼ، ﻓﺈﻥ اﺳﺘﺤﻞ ﺫﻟﻚ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻓﺮا.

ﻫﺬا، ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﺑﻮﻫﺎ، ﻭﺃﺑﻮ ﺃﺑﻴﻬﺎ، ﻭﺃﺑﻮ ﺃﻣﻬﺎ، ﻭﺟﻤﻴﻊ ﺃﺻﻮﻟﻬﺎ. ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ اﺑﻨﻬﺎ ﻭاﺑﻦ اﺑﻨﻬﺎ ﻭاﺑﻦ ﺑﻨﺘﻬﺎ، ﻭﺟﻤﻴﻊ ﻓﺮﻭﻋﻬﺎ. ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﺧﻮﻫﺎ ﺷﻘﻴﻘﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﻷﺏ ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﺑﻨﺎء ﺇﺧﻮﺗﻬﺎ، ﻭﺃﺑﻨﺎء ﺃﺧﻮاﺗﻬﺎ، ﻛﻤﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﻋﻤﺎﻣﻬﺎ، ﻭﺃﺧﻮاﻟﻬﺎ، ﻭﺃﻋﻤﺎﻝ ﺃﺑﻴﻬﺎ، ﻭﺃﻋﻤﺎﻡ ﺃﻣﻬﺎ، ﻭﺃﺧﻮاﻝ ﺃﺑﻴﻬﺎ ﻭﺃﺧﻮاﻝ ﺃﻣﻬﺎ.


📚 *فتح القريب ص ٢٣١*

اﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ

{ﻓﺼﻞ} 

(ﻭاﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ) ﺃﻱ اﻟﻤﺤﺮﻡ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ (ﺑﺎﻟﻨﺺ ﺃﺭﺑﻊ ﻋﺸﺮﺓ): ﻭﻓﻲ ﺑﻌﺾ اﻟﻨﺴﺦ «ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻋﺸﺮ»: (ﺳﺒﻊ ﺑﺎﻟﻨﺴﺐ؛ ﻭﻫﻦ: اﻷﻡ ﻭﺇﻥ ﻋﻠﺖ، ﻭاﻟﺒﻨﺖ ﻭﺇﻥ ﺳﻔﻠﺖ). ﺃﻣﺎ اﻟﻤﺨﻠﻮﻗﺔ ﻣﻦ ﻣﺎء ﺯﻧﺎ ﺷﺨﺺ ﻓﺘﺤﻞ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ اﻷﺻﺢ، ﻟﻜﻦ ﻣﻊ اﻟﻜﺮاﻫﺔ، ﻭﺳﻮاء ﻛﺎﻧﺖ اﻟﻤﺰﻧﻰ ﺑﻬﺎ ﻣﻄﺎﻭﻋﺔ ﺃﻭ ﻻ. ﻭﺃﻣﺎ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻼ ﻳﺤﻞ ﻟﻬﺎ ﻭﻟﺪﻫﺎ ﻣﻦ اﻟﺰﻧﺎ، (ﻭاﻷﺧﺖ) ﺷﻘﻴﻘﺔ ﻛﺎﻧﺖ ﺃﻭ ﻷﺏ ﺃﻭ ﻷﻡ، (ﻭاﻟﺨﺎﻟﺔ) ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺃﻭ ﺑﺘﻮﺳﻂ ﻛﺨﺎﻟﺔ اﻷﺏ ﻭاﻷﻡ، (ﻭاﻟﻌﻤﺔ) ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺃﻭ ﺑﺘﻮﺳﻂ ﻛﻌﻤﺔ اﻷﺏ، (ﻭﺑﻨﺖ اﻷﺥ) ﻭﺑﻨﺎﺕ ﺃﻭﻻﺩﻩ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺃﻭ ﺃﻧﺜﻰ، (ﻭﺑﻨﺖ اﻷﺧﺖ) ﻭﺑﻨﺎﺕ ﺃﻭﻻﺩﻫﺎ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺃﻭ ﺃﻧﺜﻰ.


 _2. Apakah batal wudhu' nya pak andre jika bersentuhan dengan bu riya ?_ 


 *Jawaban:*

 ```Wudhu' nya tidak batal, karena bu riya adalah mertua dari pak andre, begitu juga sebaliknya.```


*Referensi:*


📚 *الفقه المنهجي جز ٤ صح ٢٧*

اﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﻤﺼﺎﻫﺮﺓ:

ﻭاﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﻤﺼﺎﻫﺮﺓ ﺃﺭﺑﻊ، ﻭﻫﻦ:

1ـ ﺯﻭﺟﺔ اﻷﺏ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﺯﻭﺟﺔ اﻟﺠﺪ ﺃﺏ اﻷﺏ، ﻭﺯﻭﺟﺔ اﻟﺠﺪ ﺃﺏ اﻷﻡ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ ﺑﺰﻭﺟﺎﺕ اﻷﺻﻮﻝ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ ﺃﺑﺪا.

ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻭﻻ ﺗﻨﻜﺤﻮا ﻣﺎ ﻧﻜﺢ ﺁﺑﺎﺅﻛﻢ ﻣﻦ اﻟﻨﺴﺎء ﺇﻻ ﻣﺎ ﻗﺪ ﺳﻠﻒ ﺇﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻓﺎﺣﺸﺔ ﻭﻣﻘﺘﺎ ﻭﺳﺎء ﺳﺒﻴﻼ} 

[ اﻟﻨﺴﺎء: 22] 

2ـ ﺯﻭﺟﺔ اﻻﺑﻦ، ﻭﺯﻭﺟﺔ اﺑﻦ اﻻﺑﻦ، ﻭاﺑﻦ اﻟﺒﻨﺖ، ﻭﻫﻜﺬا ﺯﻭﺟﺎﺕ اﻟﻔﺮﻭﻉ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺑﺤﺎﻝ.

ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻭﺣﻼﺋﻞ ﺃﺑﻨﺎﺋﻜﻢ اﻟﺬﻳﻦ ﻣﻦ ﺃﺻﻼﺑﻜﻢ}


📚 *فتح القريب صح ٢٣١* 

(ﻭ) اﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﻨﺺ (ﺃﺭﺑﻊ ﺑﺎﻟﻤﺼﺎﻫﺮﺓ) ﻭﻫﻦ: (ﺃﻡ اﻟﺰﻭﺟﺔ) ﻭﺇﻥ ﻋﻠﺖ ﺃﻣﻬﺎ، ﺳﻮاء ﻣﻦ ﻧﺴﺐ ﺃﻭ ﺭﺿﺎﻉ، ﺳﻮاء ﻭﻗﻊ ﺩﺧﻮﻝ اﻟﺰﻭﺝ ﺑﺎﻟﺰﻭﺟﺔ ﺃﻡ ﻻ، (ﻭاﻟﺮﺑﻴﺒﺔ) ﺃﻱ ﺑﻨﺖ اﻟﺰﻭﺟﺔ (ﺇﺫا ﺩﺧﻞ ﺑﺎﻷﻡ، ﻭﺯﻭﺟﺔ اﻷﺏ) ﻭﺇﻥ ﻋﻼ، (ﻭﺯﻭﺟﺔ اﻻﺑﻦ) ﻭﺇﻥ ﺳﻔﻞ. ﻭاﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ اﻟﺴﺎﺑﻘﺔ ﺣﺮﻣﺘﻬﺎ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﺄﺑﻴﺪ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا