╔═══❏❖❀❦👑❦❀❖❏═══╗
*🄰🅂🅆🄰🄹🄰 | 🄰🄺🄷🅆🄰🅃*
╚═══❏❖❦❀👑❀❦❖❏═══╝
✅ *بِسْـــــــــــــــــمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــــــــمِ*
*الَلَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِمْ*
📚 *【ARSIP TANYA JAWAB】*
┈┈┈┈━━◎❅❀❦ 💎💎❦❀❅◎━━┈┈┈┈
📍 *_POSISI TANGAN SAAT SEDEKAP_*
_Pertanyaan :_
_Afwan sebelumnya ana mau cerita dulu. Suatu ketika ada dua orang pendatang yang mampir dimesjid tempat kami biasa melakukan shalat, singkat cerita kami dan dua orang tersebut melakukan shalat. Setelah selesai shalat lalu dua orang itu menyalahkan cara kami shalat yang meletakkan tangan saat sedekap pas diantara pusar, kata dua orang itu bahwa cara sedekap kami ini salah, seharusnya kami bersedekap diatas dada seperti yang mereka lakukan. Terus terang saja kami merasa risih karna kami sendiri waktu kecil tidak pernah diajarkan cara sedekap diatas dada. Kami risih ketika mereka mengatakan bahwa cara shalat kami tidak sesuai sunnah._
_Pertanyaan ana, apakah benar yang dikatakan dua orang itu? Dan sebenarnya dimana letak tangan itu ditaruh saat kita bersedekap? 🙏_
_Jawaban :_
_Ketahuilah bahwasanya tidak ditemukan riwayat dari para ulama salaf bahwa mereka ketika shalat itu sedekapnya diatas dada, bahkan tiap madzhab saja menaruh tangannya saat bersedekap itu berbeda-beda. Namun yang jelas, bersedekap diatas dada itu bukanlah pendapat atau cara yang dilakukan oleh ulama-ulama madzhab dan generasi setelahnya. Mau di atas pusar, mau pas di pusar atau dibawahnya itu tidak masalah karena banyak riwayat yang muncul dari para ulama pun adalah memang demikian. Dan apa yang antum lakukan adalah sudah benar yaitu mengikuti caranya ulama-ulama madzhab._
_Adapun meletakkan tangan diatas dada, menurut sebagian ulama madzhab imam Ahmad bin Hanbal adalah makruh. Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah sendiri menyatakan demikian, padahal beliau adalah salah satu imam yang banyak diikuti oleh orang-orang yang gampang menyalahkan._
_Keterangan :_
*ورأى بعضهم أن يضعهما فوق السرة، ورأى بعضهم أن يضعهما تحت السرة، و ذلك واسع عندهم*
_“Ada riwayat dari sebagian ulama yang meletakkan tangan diatas pusar (saat shalat), dan sebagian ulama lain dibawah pusar. Ini adalah masalah yang luas diantara mereka”_
_📕 [Sunan Tirmidzi juz 2, hlm. 32]_
_Keterangan madzhab imam Ahmad :_
*ويكره وضعهما على صدره نص عليه مع أنه رواه أحمد*
_“Makruh meletakkan kedua tangan diatas dada (saat shalat), ini adalah nash dari imam Ahmad padahal beliau meriwayatkan haditsnya”_
_📕 [Al-Furu' juz 2, hlm. 69]_
_Tambahan keterangan :_
*ويكره أن يجعلهما على الصدر، وذلك لما روى عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه نهي عن التكفير وهو وضع اليد على الصدر*
_“Makruh meletakkan kedua tangan diatas dada, karena telah ada riwayat dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang menyebutkan bahwa beliau melarang takfir, yaitu meletakkan tangan diatas dada (saat shalat)”_
_📕 [Ibnul Qayyim dalam kitab Al-Fawaid juz 3, hlm. 91]_
*والله أعلم بالـصـواب*
┈┈┈┈━━◎❅❀❦ 💎💎❦❀❅◎━━┈┈┈┈
*📲 Posted :*
*ᴛᴇᴀᴍ ᴀᴅᴍɪɴ ᴀsᴡᴀᴊᴀ ᴀᴋʜᴡᴀᴛ :*
➽ *Syarifah Nur Alina Al-Qadri*
➽ *Syarifah Fania Alawiyah Assegaf*
➽ *Syarifah Maryam binti Husain Al-Haddad*
➽ *Ustadz Ahmad Fahmi Mubarok*
➽ *Bunda Hani*
➽ *Ukhty Dewi*
➽ *Ukhty Nunung*
➽ *Ukhty Susi Sulastri*
➽ *Ukhty Yuni Lestari*
➽ *Ukhty Nana*
➽ *Ukhty Rara Inara*
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik